Polres Grobogan Gelar Sosialisasi Anti Bullying di SD Integral Purwodadi

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). (Al Hujurat : 11)

POLRES Grobogan melaksanakan sambang dan sosialisasi di Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al Hakim Purwodadi Grobogan, Senin (09/10/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kampanye Anti perundungan/Bullying di lingkungan sekolah.

Bullying (tindakan kekerasan) memiliki pengaruh secara jangka panjang dan jangka pendek terhadap korban bullying. Pengaruh jangka pendek yang ditimbulkan akibat perilaku bullying adalah depresi karena mengalami penindasan, menurunnya minat untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, dan menurunnya minat untuk mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan akibat yang ditimbulkan dalam jangka panjang dari penindasan ini seperti mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan baik terhadap sesama maupun lawan jenis karena selalu memiliki kecemasan akan mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya.

Sebagai upaya mencegah tindakan bullying di sekolah, SD Integral Purwodadi bersama POLRES Grobogan melalui Program Polisi Sahabat Anak mengadakan Sosialisasi anti bullying ke siswa-siswi SD Integral Purwodadi. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memahami bahaya bullying beserta dampaknya. Diharapkan juga semua warga sekolah turut berpartisipasi menciptakan sekolah yang aman dan nyaman serta bebas perundungan.

IPTU Dudy Lukman Prabowo,S.H
(KBO SAT LANTAS POLRES GROBOGAN) membenarkan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan sebagai bentuk perhatian akan pentingnya mencegah tindakan kekerasan terhadap anak di sekolah.

Dirinya mengimbau pentingnya lingkungan yang kondusif dalam mendukung pertumbuhan anak.

“Mari serentak bergerak, Ciptakan Lingkungan Aman, Nyaman dan Menyenangkan bagi anak-anak, baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat,” pungkasnya.

Sosialisasi anti bullying ini di hadiri Kepala Sekolah, Guru, Staf Sekolah dan Seluruh murid SD Integral Purwodadi, setelah kegiatan usai dilanjutkan ramah tamah.

Chat WhatsApp