Guru ialah Pahlawan Bangsa

“Engkau sebagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa

Pembangun insan cendekia”

Semenjak Sekolah Dasar, kita sering sekali mendengar kata-kata dan lagu bahwa guru adalah pahlawan bagi bangsa. Bahkan kita pun hafal dengan lagu Hymne Guru, yang biasa sering dinyanyikan oleh paduan suara di upacara sekolah setiap hari Senin.

Seorang Pahwalan merupakan gelar yang patut disematkan kepada setiap guru di seluruh dunia. Guru dengan ketulusannya dalam mengajar, membimbing, dan melatih seseorang dari yang tidak tahu apa-apa menjadi seseorang yang tahu akan segala hal. Seorang guru layaknya seperti jendela dunia, berhasil membawa perubahan yang lebih baik dalam kehidupan melalui berbagai pengalaman dan ilmu yang diajarkan kepada murid-muridnya.

Peran Seorang Guru akhir-akhir ini semakin kompleks karena seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan di sekolah namun juga mengarahkan siswa untuk dekat dengan Tuhan-nya, berakahlakul karimah atau memiliki budi pekerti yang luhur. Seorang Guru era sekarang dituntut agar siswanya berbicara jujur, berperilaku disiplin, berperilaku sehat, berakasih sayang kepada sesama dan menghindari Bullying kepada temannya. Seorang Guru juga mengarahkan siswa-siswinya untuk berakhlakul karimah di tengah derasnya arus informasi negatif yang didapat dari internet dan media sosial.

Bila guru mampu mengantarkan anak didiknya untuk dekat dengan Tuhan-nya dan berakhlakul karimah, maka beliau akan membuat mereka sukses dunia-akhirat ke depannya. Dan merekalah Pahlawan sesungguhnya bagi Bangsa ini.

 

Chat WhatsApp